Hello guys… Tips buat teman-teman mahasiswa yang saat ini mempersiapkan diri untuk menghadapi PPL (Praktek Pengalaman Lapangan), pada kesempatan kali ini saya hanya sekedar berbagi pengalaman saat menjadi mahasiswa praktikan dan mempersiapkan diri untuk pelaksanaan PPL.
Sebagaimana kita ketahui PPL adalah bagian yang integral dari keseluruhan kurikulum, dan merupakan muara dari seluruh kegiatan akademik bidang kependidikan. PPL berfungsi mengorganisasi, mengkoordinasi dan mengembangkan penyelenggraan program praktek kependidikan dan keguruan yang telah kita pelajari dibangku kuliah. Sebagai tenaga kependidikan yang profesional, lulusan Akademia bidang kependidikan harus memiliki seperangkat kompetensi yang diperlukan oleh seorang guru/tenaga kependidikan yang profesional serta dapat menerapkan di dalam menyelenggarakan berbagai program kependidikan, baik di sekolah maupun di luar sekolah.

1. Persiapan dan Survey Lokasi PPL
Sebelum kegiatan PPL di mulai dan kelompok kita sudah dibagi maka hal yang harus diperhatikan olah mahasiswa adalah survey lokasi PPL dengan tujuan agar lebih mengenal atmosfir lingkungan praktek agar mental terbangun dan lebih nyaman.Usahakan sudah menggunakan jas almamater karna itu sebagai kebanggaanmu.

2. Mempersiapkan Mental
Hal terpenting ketika PPL adalah mental, dimana mental mengajar yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kualitas calon Guru di kelas. tips terbaik untuk membangun mental adalah dengan latihan menggunakan materi ajar di depan cermin. ini saya lakukan sendiri dikos. dengan demikian kita akan lebih mudah introspeksi diri terutama performa kita saat mengajar didepan kelas, jangan sampai nerfes, percaya diri.

3. Mengoptimalkan Materi
Kalau tentang materi, kita sebagai guru harus menguasai materi yang kita ajarkan dan itu sudah pasti karna PPL akan sesuai dengn prodi yang diambil mahasiswa. Tetapi terkadang materi kuliah akan berbeda dengan yang ada dilapangan, maka dari itu kita harus memantau tentang materi yang akan diajarkan dilokasi praktik.

4. Gunakan Materi Ajar yang Up to date
Mahaiswa peserta PPL sebaiknya senantiasa mencari sumber balajar yang up to date dengan menggunakan fasilitas internet untuk mendapatkan materi ajar dan pengembangan diri, serta mengetahui kurikulum apa yang digunakan di sekolah yang kita buat praktek.

5. Konsultasi Dengan Guru pamong dan Dosen Pembimbing
Supaya kita lebih optimal dalam mengexplore kemampuan mengajar kita, alangkah baiknya setiap kali mengajar kita melakukan konsultasi dengan guru pamong atau dosen pembimbing sebagai korektor penampilan serta kemampuan kita di depan kelas sehingga hal tersebut menjadi bahan evaluasi perfoma pengajaran kita berikutnya agar lebih baik.

6. Mempersiapkan RPP
Setiap mahasiswa pasti akan dimintai RPP oleh guru pamong supaya pembelajaran dikelas terstruktur dan terencana. Anda sebagai mahasiswa wajib konsultasi dengan dosen pembimbing masing-masing untuk mempelajari RPP Tersebut.

7. Mempersiapkan Metode Pembelajaran
Penunjang keberhasilan kita dalam pelaksanaan PPL kita adalah mempersiapkan Metode apa yang akan kita gunakan dalm model pembelajaran kita nanti.

8. Mempersiapkan Diri dengan Cara Bertanya ke Senior yang Sudah Pernah PPL
Hal ini juga menjadi penting karna informasi dari senior adalah ilmu sampingan yang kita dapat dari pengalaman merak dulu PPL dan kita bisa ambil yang baik dari Pelaksanaan PPL mereka.

9. Belajar Selayaknya Menjadi Guru Sungguhan
Sikap ini sungguh sangat penting untuk mempersiapkan diri saat PPL karna waktu PPL adalah cerminan anda saat menjadi Guru nanti.

10. Motivasi Pengembangan Diri
Yang paling penting dan terakhir adalah tujuan utama PPL kita, maksudnya adalah PPL bukan sebagai beban serta kewajiban semata akan tetapi merupakan penyadaran diri untuk mengembangakan skill diri kita agar lebih baik dan keinginan kita menjadi profesional akan berhasil.

Demikian tips PPL dari saya semoga bermanfaat dan berkah.

Rangkasbitung 07/07/2018
Kepala UPT PPLK

Mukhtar Ridwan, M.Pd
NIDN. 0415098802

GOOD LUCK…..