Tingkatkan Mutu Pendidikan, Dosen STKIP Setia Budhi Rangkasbitung Ikuti Seminar

LPM HUJAN CREW – STKIP Setia Budhi Rangkasbitung bekerja sama dengan Ristekdikti mengadakan seminar pendidikan tema “Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Melalui Pendidikan Tinggi yang Bermutu”, dengan pembicara Prof. H. Uman Suherman, A.S. M.Pd., bertempat di Aula Serbaguna. Adapun sasaran dari kegiatan ini yaitu para dosen dan Staf STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Sabtu, 16 Desember 2017.

Pembicara Prof. H. Uman Suherman, A.S. M.Pd., juga selaku Kopertis IV wilayah Jawa Barat dan Banten mengatakan bahwa seminar pendidikan ini sebagai upaya peningkatan SDM di Perguruan Tinggi.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di tiap Perguruan Tinggi Khususnya STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Adapun Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Perguruan Tinggi pertama, perlu adanya peningkatan mutu dosen, dengan peningkatan mutu kualifikasi akademis tiap dosen. Kedua Jabatan fungsional dosen tidak cukup hanya asisten ahli minimal sudah lektor. Apabila sudah mencapai hal tersebut maka kualitas perguruan tinggi akan terjamin. Ketiga, Mempunyai komitmen untuk membangun daerah yang ada di Rangkasbitung menjadi lebih maju kedepannya,” terang narasumber seminar.

Senada dengan itu, Ketua STKIP Setia Budhi Dr. Hj. Tjut Afrida, M.Pd., mengatakan, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan demi terjaminnya mutu pendidikan tinggi.

“Saya memiliki tanggung jawab penuh memajukan STKIP Setia Budhi sesuai dengan tuntutan masyarakat kedepannya. Adapun hal yang perlu diperhatikan yakni perihal kualifikasi akademik tiap dosen itu minimal S2 dan dianjurkan Doktor agar akreditasi tiap program study meningkat,” ucap Tjut Afrida.

Rian fauzi, M.Pd., selaku peserta seminar pendidikan menyampaikan bahwa Sebenarnya dalam hal peningkakatan kompetensi dasar dosen telah diatur dalam peraturan Kemenristekdikti nomor 12 tahun 2012 dan nomor 44 tahun 2015 mengenai standar nasional pendidikan tinggi (Sn Dikti) yang menjelaskan mengenai kualifikasi dosen untuk meningkatkan kompetensi. Selain meningkatkan jabatan maupun gelar, dosen pula harus mengikuti pelatihan yang sesuai dengan bidang dan kompetensi yang sudah dimiliki. Untuk meningkatkan mutu lulusan salah satunya dengan menerapkan sistem memanusiakan manusia dan menciptakan manusia yang benar -benar manusia. Karena setiap mahasiswa pada hakikatnya berhak menyampaikan gagasan yang ia pikirkan mengenai pembelajaran dan kebijakan. Mungkin dari pemikirannya itah akan melahirkan pembaharuan bagi Perguruan Tinggi. (Afrisda)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close Menu