Penelitian dan pengembangan amatlah penting bagi kemajuan perguruan tinggi, kesejahteraan masyarakat serta kemajuan bangsa dan negara. Dari penelitian dan pengembangan, maka mahasiswa mampu mengembangkan ilmu dan teknologi sesuai Tri darma perguruan tinggi.

Penelitian dan pengembangan menjadikan mahasiswa lebih cerdas, kritis dan kreatif dalam mejalankan perannya sebagai agent of change. Mahasiswa senantiasa mampu memanfaatkan penelitian dan pengembangan dalam suatu proses pembelajaran untuk memperoleh suatu perubahan – perubahan yang akan membawa Indonesia kearah yang lebih maju dan terdepan.

Tepat pada tanggal 27-29 April 2018, mahasiswa STKIP Setia Budhi Rangkasbitung melakukan penelitian melalui Mata Kuliah Kapita Selekta Kebantenan (KSB). MK KSB ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari 203 mahasiswa semester 6 dari 6 program studi diantaranya: pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Pendidikan Guru PAUD dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Mata kuliah (MK) ini adalah salah satu ikon unggulan kampus STKIP yg berbeda dengan kampus lain. Beberapa waktu yang lalu mata kuliah tersebut pernah di berikan penghargaan oleh kemenristekdikti.

MK tersebut juga merupakan salah satu kemajuan kampus STKIP yang membedakannya dengan kampus lain. Mata kuliah KSB ini digagas oleh akademisi bernama Neli Wahyudin yang merupakan dosen sekaligus sebagai ketua PPMA (Pusat Penjamin Mutu Akademik) STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.

Selain itu, mata kuliah KSB juga bertujuan menggali informasi dan mengangkat top mind (obyek yang paling terkenal) di wilayah yang menjadi tempat penelitian. Penelitian tersebut bertempat di Kampung Cikarang Desa Nangerang Kecamatan Cirinten yang tidak jauh dari perbatasan Baduy.

Seperti pada umumnya, Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh peserta, panitia dan dosen pembimbing yang merupakan elemen civitas akademik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Rangkasbitung.

Kampung Cikarang merupakan kampung penghasil kerajinan tangan berupa anyaman. Hampir keseluruhan warganya mampu menganyam dan merupakan tradisi turun temurun. Hasil anyaman tersebut berupa boboko (tempat nasi), sair (tempat menjemur makanan ringan), hasepan (tempat menanak nasi), dan hasil kerajinan tangan lainnya yang dikonsumsi dan diperjualkan oleh warga ke pasar.

Mukhtar ridwan yang merupakan dosen pembimbing kepada Ekskul News memaparkan, “fokus penelitian berorientasi pada kerajinan tangan berupa anyaman. Namun, anyaman tersebut hanya berkutat pada seni terapan sebagai suatu hal yang biasa saja dan belum mampu menginovasi anyaman tersebut agar memiliki nilai jual tinggi serta memiliki nilai estetika yang tinggi” paparnya.

Selain penghasil anyaman bambu, aktifitas pemuda Kampung Cikarang juga gemar bermain sepakbola. Namun, fasilitas olahraga yang dimiliki belum cukup untuk menopang prestasi di bidang olahraga. Kedatangan rombongan KSB sekaligus memberikan cindera mata yang berupa bola dan baju rompi latihan.

“baju dan rompi diberikan untuk menarik minat dan menambah giroh semangat pemuda dalam berolah raga” ujar jamar sebagai ketua panitia pelaksana pada kegiatan tersebut. Senin (30/4/2018).

Kegiatan KSB tersebut juga menghadirkan tim Taman Baca Masyarakat (TBM) kedai proses yang juga merupakan TBM milik STKIP Setia Budhi Rangkasbitung. Kehadiran TBM tersebut berupaya meningkatkan literasi baca generasi serta memotivasi masyarakat untuk lebih terampil dalam menyokong kreatifitas karya seni. selain itu, masyarakat juga dibantu oleh Staf ahli Pendamping Desa Kabupaten Lebak yang juga merupakan dosen STKIP Setia Budhi.

Rombongan Kapita Selekta Kebantenan (KSB) tersebut disambut baik oleh kepala desa dan warga Kampung Cikarang. Kepala Desa Nangerang, Jamhur mengatakan, “kedatangan mahasiswa sangat memotivasi warga dan mudah-mudahan membantu kesejahteraan warga desa nangerang” tungkasnya. (RAI/Red)

 

Berita ini sebelumnya ditayangkan pada ekskulnews dengan judul KSB Setia Budhi Teliti Anyaman di Cirinten pada tanggal 5 Mei 2018

Leave a Reply

Close Menu