You are currently viewing Mahasiswa STKIP Setia Budhi Siap Mendirikan Koperasi Mahasiswa

Lebak, 04 September 2021.

Menurut UU. 25 tahun 1992, koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas kekeluargaan. Dalam tingkatan Perguruan Tinggi, Koperasi pun dapat berdiri dengan bernamakan KOPMA yang dimana adalah kependekan dari Koperasi Mahasiswa yang merupakan Koperasi pada umumnya yang terdiri dari pengurus, badan pengawas dan anggotanya adalah mahasiswa.Beberapa Mahasiswa STKIP Setia Budhi tergerak untuk dapat menciptakan kegiatan-kegiatan baru yang tentu memberikan dampak positif dan kebermanfaatan untuk mahasiswa sendiri. Berdirinya Koperasi Mahasiswa di STKIP Setia Budhi ini sudah sejak lama diharapkan oleh Mahasiswa guna dapat mensejahterakan Mahasiswa sesuai dengan Tujuan Utama Koperasi pada umumnya.

Dalam proses pergerakan pendirian Koperasi Mahasiswa ini, tentu tidak sembarang berdiri karena akan dibawah Binaan Dinas Koperasi Provinsi Banten. Hal-hal yang terkait dalam kegiatan Koperasi Mahasiswa inipun bukan hanya dalam lingkup internal namun mampu menggandeng pihak eksternal Dinas Koperasi Provinsi Banten.

“Saya melihat bahwa SDM Mahasiswa STKIP Setia Budhi ini sangat bisa kita berdayakan, banyak sekali Mahasiswa STKIP Setia Budhi yang terjun didalam dunia usaha dan perekonomian artinya dengan berdirinya KOPMA ini berharap mampu menjadi wadah bersama dalam berproses dan menjadi kegiatan yang positif dan memberikan manfaat untuk sesama dengan beberapa target dan program kedepannya. Dengan berbagai wilayah asal dari Mahasiswa ini bukan hanya berada pada Kab.Lebak saja, namun Kab.Serang, Kab.Tangerang dll yang artinya mampu menggandeng dan bersinergi dengan Dinas Koperasi Provinsi Banten”. Ujar Ratu Nisya Yulianti/Salah satu Mahasiswa yang memprakarsai berdirinya Koperasi Mahasiswa ini.

Dalam hal ini, ada beberapa hal yang perlu disiapkan selain kesiapan para pengurus dan anggota juga perizinan baik internal maupun eksternal sebagai penunjang berdirinya Koperasi Mahasiswa ini. Tentu harapan dari pendirian KOPMA ini akan menjadi langkah awal Mahasiswa STKIP Setia Budhi yang notabene dibentuk sebagai Tenaga Kependidikan mampu menguasai bidang Koperasi.

Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada rekan-rekan mahasiswa yang sampai saat ini masih komitmen untuk bersama-sama mendirikan Koperasi Mahasiswa ini serta Wakil Ketua I Bidang Akademik, Bapak Iman Sampurna, M.Pd yang senantiasa membimbing kami. Kami memohon do’a dan dukungannya kepada seluruh Civitas Akademik Kampus STKIP Setia Budhi Rangkasbitung terutama Ketua STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, Bapak Dr. H. Suherman, M.Pd guna suksesnya harapan dan cita-cita kami bersama, juga kepada Seluruf Staff Dosen dan Seluruh Mahasiswa STKIP Setia Budhi Rangkasbitung.

Penulis : Ratu Nisya Yulianti

Leave a Reply