Yayasan Setia Budhi Rangkasbitung yang eksis sejak tahun 1976 dalam kiprahnya di dunia pendidikan merupakan salah satu wujud tanggung jawab terhadap pembangunan bangsa, khususnya dalam bidang pemerataan kesempatan berpendidikan. Sekolah Teknologi Menengah (STM) Setia Budhi Rangkasbitung senantiasa meluncurkan program pengabdiannya di dunia pendidikan dengan mencetak kader-kader pembangunan bangsa. Perubahan nama STM menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) tidak merubah tujuan institusi bahkan menjadikan tujuan tersebut menjadi sebuah realita yang harus diraih. Secara garis besar tujuan tersebut adalah sebagai berikut : Mempersiapkan tenaga menengah trampil yang memiliki keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Periode tahun 2003 – 2009

Seiring dengan waktu dan tuntutan akan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya tenaga kependidikan di kabupaten Lebak Provinsi Banten maka Yayasan Setia Budhi Rangkasbitung berupaya untuk dapat meneyelenggarakan program pendidikan yang lebih tinggi. Dengan terbitnya SK MENDIKNAS Nomor 47/D/O/2003 maka Yayasan Setia Buhi Rangkasbitung berhak menyelenggarakan Lembaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang kemudian direalisasikan dengan didirikannya Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Setia Budhi Rangkasbitung dengan 3 (tiga) program studi yang ditawarkan yakni Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah (S1), Pendidikan Bahasa Inggris (S1) dan Pendidikana Sejarah (S1).

Keterbatasan sarana prasarana dan sumberdaya manusia tidak menjadi hambatan yang berarti dalam operasional lembaga baik yang menyangkut bidang akademik ataupun administrasi umum. Penambahan sarana prasarana dan dukungan dari pihak Sekolah Teknik Menengah (STM) memacu kami dalam berupaya guna mencapai eksistensi legalitas lembaga. Tahun 2006 pengajuan akreditasi bagi (3) tiga program studi dengan hasil sebagai berikut status akreditasi “B” untuk 2 (dua) program studi dan “C” untuk 1 (satu) program Studi.

Pengajuan penambahan program studi yaitu program studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan kami ajuka dan terrealisasi dengan terbitnya SK Mendiknas No.1631/O/2008 tanggal 19 Mei 2008.

 

Perkembangan tahun 2010- 2015

Bertitik tolak dari kenyataan di atas pihak Yayasan dan Lembaga sepakat untuk pengembangan jumlah program studi yang ada. Ijin Operasional untuk program studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PG PAUD) yakni SK. Mendiknas No 17/O/2011.tanggal 12 Januari 2011 dan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PG SD) yakni SK Menristekdikti No. 52/M/Kp/III/2015 tanggal 07 April 2015

Pada periode ini eksistensi legalisasi lembaga ataupun prodi kami junjung tinggi dengan pengajuan Akreditasi Ulang (ke 2) bagi 3 (tiga) program studi dan Akreditasi Pertama bagi 2 (dua) program studi serta Akreditasi Institusi. Kuantitas layanan akademik dan administrasi berupa peningkatan sarana prasarana, fasilitas pendukung lain dan peningkatan kulitas Sumber Daya Manusia senantiasa kami laksanakan, tapi masa transisi perubahan penyusunan borang akreditasi merupakan salah satu faktor menurunnya status akreditasi kami. 5(lima) program studi memperoleh nilai “C “ dan status akreditasi Lembaga/Institusi nilai “C“

 

Perkembangan 2015- 2020

Publik sepakat bahwa salah satu indikator perkembangan/kualitas perguruan tinggi dan program studi adalah status/nilai akreditasi. Pada periode ini ada 3 (tiga) program studi yang harus mengajuakan akreditasi ulang (akreditasi ke 3), 2 (dua) program studi untuk akreditasi ke 2 dan 1 (satu) program studi untuk akreditasi pertama.