You are currently viewing STKIP Setia Budhi Rangkasbitung Gandeng Dinas Koperasi dan Kotaku,  Dalam Meningkatkan Kemajuan UMKM Lebak

LEBAK – Bertempat di halaman rumah produksi dan Galeri Sentral Lebak ( GSL ) yang berlokasi di Kelurahan Rangkasbitung Barat Kecamatan Rangkasbitung Kabupaten Lebak Banten, Dinas Koprasi UMKM Kabupaten Lebak dan Ekhibition Kotaku menggandeng Perguruan Tinggi ( STKIP Setia Budhi Rangkasbitung ) untuk melakukan kerjasama dalam pengembangan kemajuan Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) yang ada di Kabupaten Lebak dengan melibatkan Mahasiswa sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi, acara tersebut di laisanakan pada 4/11/2021.

Dalam acara penyerahan Surat Perintah Kerja ( SPK ) dan penandatanganan kerjasama tersebut di hadiri oleh, Suyanto, selaku Koordinator program Kotaku Kabupaten Lebak, Kepala Bidang UMKM Dinas Koprasi, Dr.Suherman,M.Pd selaku Ketua STKIP Setia Budhi Rangkasbitung serta perwakilan Dosen dan mahasiswa STKIP Setia Budhi.

Dalam sambutannya Suyatno, mengucapkan terima kasih kepada Kampus STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, karena sudah selama Empat Tahun telah turut serta untuk mengembangkan program Kotaku dan UMKM yang ada di Kabupaten Lebak.

“Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh jajaran Kampus STKIP Setia Budhi Rangkasbitung karena sudah Empat Tahun ini STKIP Setia Budhi selalu memberikan support kepada program Kotaku dan UMKM di Kabupaten Lebak,” Ungkapnya.

Lebih lanjut Suyatno mengatakan, semoga dengan diadakannya penandatanganan kerjasama ini keberadaan UMKM yang ada di Galeri Sentral Lebak ( GSL ) bisa lebih berkembang lagi sehingga dampaknya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.” Tandasnya.

Sementara itu, Dr. H. Suherman M.Pd, saat di konfirmasi Awak Media mengaku kerjasama ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar ( MBKM ) dan sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Ketua STKIP Setia Budhi juga sengat mengapresiasi dan mendukung dilakukannya kerjasama ini sebagai komitmen atas visi kampus biru Bermutu, Bereputasi dan Berbudaya Nasional. Program kerjasama ini meliputi bimtek kewirausahaan bagi umkm produksi rumah tangga ( kripik pisang ) manajemen pemasaran dan produksi, Research and Development, Capacity Building, magang dan pengembangan kurikulum kewirausahaan.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan kerjasama tersebut, karena tentu hal itu akan berdampak sangat baik bagi perkembangan UMKM dan Mahasiswa STKIP Setia Budhi Rangkasbitung sesuai dengan Mata Perkuliahan dalam bidang kewirausahaan dan Tri Darma Perguruan Tinggi,”Ungkapnya

Dr. H.Suherman, M.Pd. menambahkan, dengan dilibatkannya Mahasiswa dan Dosen dalam melakukan inovasi dan kreativitas dalam bidang kewirausahaan, saya optimis kedepan Galeri Sentral Lebak dan UMKM akan terus meningkat dan akan menjadi salah satu program unggulan di Kabupaten lebak yang mamapu memberikan peningkatan terhadap perekonomian masyarakat yang secara langsung dan tidak langsung berkorelasi dengan pengentasan kekumuhan di Kota Rangkasbitung (Zero Kumuh)” Pungkasnya.

Laporan : Divisi Humas STKIP Setia Budhi Rangkasbitung

Leave a Reply